Manfaat Bermain Drum Band


Oleh: Rifki Nugraha
Musik adalah seni menyusun nada atau suara dalam urutan kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi suara yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Musik adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan, Dari mulai kalangan menengah atas sampai kalangan bawah tidak pernah ada yang tidak mengenal musik. Musik telah dipercaya mampu memberikan efek relaksasi yang dapat di gunakan untuk menenangkan kondisi mental dan emosional karena  faktor depresi dan insomnia .
Musik bermanfaat sebagai penyeimbang otak kiri dan otak kanan dan juga meningkatkan kemampuan motorik. Menurut penelitian para ahli bahwa dengan bermain musik, salah satunya seni Drum Band bisa meningkatkan IQ manusia dewasa dan anak anak-anak sebanyak 7%. Tidak hanya itu ternyata penelitian dilakukan pada oranng diatas 65 tahun yang bermain musik selama 4-5 bulan secara rutin menunjukan perubahan yang kuat pada otak mereka. Menurut Dr. Gordon shaw, yang meneliti IQ siswa setelah dirangsang oleh alunan mozart selama 10 menit ternyata naik 7%.
Drum Band adalah salah satu media yang bisa menyalurkan hobi seseorang untuk bermain musik, Drum Band adalah salah satu seni musik yang memadukan antara alunan nada dan gerak yang membentuk sebuah formasi yang indah. Alat musik yang digunakan untuk pagelaran Drum Band antara lain alat perkusi yang terdiri dari snare drum, quad tom, bass drum dan biasanya sebagai melodi ada alat tiup bisa pianika atau pun brass yang terdiri dari trumpet, melophone, trombone, baritone, tuba dan masih banyak lagi.
Kebanyakan orang hanya mengetahui Drum Band hanya sebatas pagelaran musik saja. Tetapi, ternyata bermain Drum Band memberikan efek positif bagi pemainnya, selain itu Drum Band juga sebagai media penyampaian informasi dari makna yang terkandung dalam sebuah lagu. Karena dalam bermain Drum Band tidak hanya belajar memainkan alat musik saja, tetapi juga belajar membentuk kepribadian kita , leadership, dan esprit the corps. Esprit the corp artinya rasa loyalitas kebanggaan akan semangat dan akan kesatuan yang di perlihatkan oleh para anggota drum band tersebut.
Bermain drum band bisa menaikan IQ sampai 7%, karena dalam drum band selain memainkan alat musik dan juga mengingat not lagu. Ketika mengingat not lagu otak bagian kanan akan bekerja dan ketika kita menghitung langkah kaki dalam pertunjukan otak kiri juga ikut bekerja. Dan ketika kita memainkan lagu disertai berjalan atau unjuk gelar secara tidak sadar otak kiri dan otak kanan kita bekerja secara bersamaan dan akan terjadi sebuah keseimbangan otak kiri dan otak kanan yang bisa meningkatkan kecerdasan.
Dr. Kuei Pin Yeo Presiden Direktur dari Yayasan dan Sekolah Musik Jakarta, menuturkan bahwa peran musik memang sangat besar dalam meransang perkembangan otak yaitu kemampuan untuk mengenali atau menafsirkan lingkungannya dalam bentuk bahasa, memori dan visual. Selain meningkatkan IQ ternyata dapat meningkatkan intelegensi dan konsentrasi, juga meningkatkan perkembangan fisik, perkembangan motorik kasar dan halus, kepribadian dan emosi. Jika melihat pernyataan Dr. Kuei Pin, kita bisa menilai bahwa Drum Band yang tidak hanya memainkan alat musik saja tetapi gabungan dari seni musik, seni tari dan juga olahraga. Sehingga dapat menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri, oleh karena itu bermain Drum Band sangat bermanfaat dalam kepribadian para anggotanya.
Tanpa disadari melalui kegiatan Drum Band dapat terjadi pembentukan sebuah karakter seperti apa yang dikatakan oleh Al-Farabi bahwa musik dapat menciptakan perasaan tenang dan nyaman. Musik juga mampu mengendalikan moral, mengendalikan emosi, mengembangkan spiritualitas, dan menyembuhkan penyakit seperti gangguan psikomatik. Sebab musik adalah sesuatu yang muncul dari tabiat manusia dalam menangkap suara indah yang ada disekelilingnya. Dalam bermain musik hal yang harus kita pahami adalah pemahaman akan pemaknaan lagu, karena setiap lagu punya arti sendiri walaupun tanpa adanya nyanyian seperti musik Drum Band. Oleh karena itu, bermain musik ini bukan hal yang membosankan karena didalamnya terdapat gerakan yang unik sehingga tidak membuat kita boring.
Manfaat Bermain Drum Band Manfaat Bermain Drum Band Reviewed by Periscope 14 on Oktober 31, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads