Trio Teknik Kembangkan Alternatif Listrik Tenaga Surya


Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Garut, Wawan Hari Rahmat, Syarifudin, dan Abdul Rozak, berhasil merancang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan memanfaatkan panel surya sebagai alat penyerap sinar matahari.
Adapun sistem penyerapan cahaya oleh panel surya (solar cell) menghasilkan listrik, dimana aki menjadi alat penyimpanan listrik untuk menghidupkan lampu. Menjadi kelemahan, ketika cuaca mendung atau hujan, panel surya sukar menyerap cahaya.
Salahsatu perancang PLTS, Abdul Rozak, mengungkapkan ide awal pembuatan PLTS bermula ketika kegiatan belajar di kelas terganggu akibat listrik padam. Selanjutnya ketiga mahasiswa tersebut bergabung untuk mencari solusi agar proses belajar tetap stabil dengan alternatif pembangkit listrik lainnya.
“Ide awalnya ketika belajar dikelas keganggu karena listrik padam. Akhirnya kita memikirkan solusi agar belajar tetap stabil meski lampu padam. Dan PLTS ini berhasil dipasang, kegiatan dikelas pun terus berjalan,” ungkapnya saat dijumpai pasca menerima penghargaan pada upacara bulanan Universitas Garut, Kamis (14/12).
Keberhasilan penyerapan cahaya matahari di kelas turut dijelaskan oleh Dekan Fakultas Teknik, Drs. Muhtar M.Si, bahwa PLTS mula-mula digunakan saat belajar dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 03.00 sore, dengan penggunaan perangkat laptop dan infocus, cahaya tetap stabil mengalir pada lampu 100 Watt. Hingga kini PLTS tersebut terus digunakan di kawasan Fakultas Teknik, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler.
Pemanfaatan Panel penyerap sinar matahari ini diharapkan Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H, Abdussy Syakur Amin M.Eng, bisa segera digunakan di semua area kampus, lantaran biaya operasionalnya nyaris minim. Meskipun membutuhkan biaya awal sekitar 12 juta, namun biaya pemakaian setelahnya terbilang hemat.
Muhtar menambahkan, selain harapan bisa digunakan di area kampus, PLTS ini rencananya akan digunakan untuk menerangi Pemakaman Umum di Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler. Sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian terhadap masyarakat.
Mudah-mudahan mereka (tiga mahasiswa) belajar tidak sampai disini, saya ingin hasil belajar ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.” Ujarnya.(Rohmah Nashruddin)


Trio Teknik Kembangkan Alternatif Listrik Tenaga Surya Trio Teknik Kembangkan Alternatif Listrik Tenaga Surya Reviewed by Unknown on Desember 17, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads